• +6221 799 4372
  • info@jdih.kemendesa.go.id

Berita JDIH

Sosialisasi Sistem Aplikasi Informasi Hukum, Pengembangan JDIH Kemendesa, PDTT untuk Informasi Publik

  • By Ed
  • 14/11/2018
  • 50
  • Sosialisasi

Rabu, 14 November 2018 telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Sistem Aplikasi Informasi Hukum (JDIH Kemendesa, PDTT) adapun acara ini dilaksanakan dalam rangka sosialisasi lebih lanjut dan menjadi ajang diskusi Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi guna memberikan input yang lebih baik bagi situs JDIH Kemendesa, PDTT.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bagian Pelayanan dan Advokasi Hukum, Bapak Faried Abdurrahman, S.STP., MM. mewakili Kepala Biro Hukum, dan Ortala serta Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi.

Pengembangan yang telah dilakukan sepanjang tahun 2018 antara lain menyesuaikan dengan standar baru yang dikeluarkan oleh JDIHN Pusat milik Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) dan sebagai tindak lanjut dari kegiatan Capacity Building for Managing Single Online Portal Regulation di Jogjakarta 15 – 16 Oktober 2018 yang lalu.

Pada kesempatan ini dihadirkan narasumber yang mayoritas merupakan stakeholder dari JDIH Kemendesa, PDTT dan JDIHN (BPHN). Hadir diantaranya Kepala Bidang Otomasi Dokumentasi Hukum, Dwi Rahayu Ekawati, Kepada Sub Bidang Pengembangan Sistem Informasi Andi Afriyanto, dan Indra Sulistyo selaku IT Consultant JDIH Kemendesa, PDTT.

“Perubahan konten dan index pasti akan terus ada, dan dapat terus dilakukan dan pastinya berubah-ubah, menyesuaikan dari BPHN “ Ujar Indra selaku IT Consultant JDIH Kemendesa, PDTT. Hal ini dilihat dari pengembangan tiap JDIH instansi yang memiliki karakteristik dan kelebihan masing-masing instansi. “Namun, Pengembangan ini juga ditentukan berdasarkan ketentuan yang diterbitkan oleh BPHN selaku JDIHN” Ujar Diah menambahkan.

“Hingga saat ini, server JDIH Kemendesa, PDTT yang telah terintegrasi dengan Pihak PUSDATIN menjadi lebih mudah untuk dikelola, karena internal kita jadi lebih mudah melakukan kontrol apabila terdapat coding yang terhapus sehingga kadan menyebabkan error” Ujar Andi.

JDIH Kemendesa, PDTT hingga saat ini telah 3 tahun berdiri, dimulai dengan Inisiasi pada akhir tahun 2015 hingga saat ini telah dilakukan perubahan tampilan, katalog, dan penambahan konten yang dapat menunjang ketersediaan dan keterbukaan informasi. Harapan agar JDIH Kemendesa, PDTT akan terus mengalami progress ke arah yang semakin baik di tahun-tahun selanjutnya. (Ed)